HIDUP ADALAH UJIAN

SELAMAT DATANG DI BLOG " KHAIRUL IKSAN "- Phone : +6281359198799- e-mail : khairul.iksan123@gmail.com

Senin, 27 Maret 2023

Kitab Percaya Diri dan Kitab Tahu Diri

 


Kitab Percaya Diri dan Kitab Tahu Diri

Dalam dunia fiqih seseorang baru disebut mukallaf (orang yang diberi beban) jika sudah sampai umur dan berakal, maka anak-anak dan orang gila yang akalnya tidak waras pada dasarnya tidak terikat dengan beban kehidupan, mereka bisa hidup bebas, bahkan sebebas-bebasnya, tanpa harus peduli kiri maupun kanan.

Orang-orang mukallaf ini dalam hubungannya dengan hukum syariah dan dalil terbagi dalam dua kelompok besar; Kelompok yang bisa menyimpulkan suatu hukum dari dalil yang ada dengan usahanya (ijtihad), dan kelompok yang tidak bisa atau belum mampu untuk menyimpulkan hukum sendiri.

Kelompok yang pertama dikenal dengan istilah mujtahid dan yang kedua disebut muqallid. Kedua kelompok ini wajib mengetahui hukum syariat dan mengamalkannya sesuai dengan kemampuan yang mereka punya. Kelompok yang pertama dibebankan untuk berijtihad sesuai dengan keilmuan yang mereka punya, sedangkan kelompok yang kedua diperintahkan untuk mengikut petunjuk yang pertama (taqlid).

Ibarat bepergian dari Ragunan ke Pasar Senen Jakarta, bagi yang memiliki kendaraan bolehlah mereka menggunakan kedaraannya untuk sampai ke tujuan dengan selamat, tapi bagi yang tidak memiliki kendaraan, mustahil rasanya kita paksa mereka untuk membeli kendaraan.

Ada baiknya dan memang sepantasnya mereka yang tidak memiliki kendaraan bergabung bersama mereka yang memiliki kendaraan, atau bisa menggunakan jasa angkutan umum; Kopaja, mikrolet, busway, atau taxi, dan lain sebagainya, terlebih jika mereka yang tidak memiliki kendaraan ini baru datang dari kampung halaman, buta dengan Jakarta.

 

Ijtihad Haknya Mujtahid

Sesuai dengan tuntutan seorang mujtahid, maka dalam beramal mereka diminta untuk berusaha mencapai suatu pemasalahan dengan langsung melihat dalil-dalil yang ada agar dengannya mereka bisa menyimpulkan sebuah hukum.

Bahwa kesimpulan yang didapatkan tidak bisa mengikat mujtahid lainnya, itu artinya dalam kode etiknya sesama mujtahid tidak boleh meng-copy paste hasil ijtihad dari mujathid lainnya, hasil itu harus benar-benar murni dari usahanya.

Jikapun terpaksa harus melihat hasil ijtihad mujtahid lainnya, maka kode etik berikutnya adalah bahwa mereka harus mencamtumkan foot note (catan kaki), atau menjelaskan kepada halayak ramai bahwa apa yang disampaikan itu adalah hasil ijtihadnya Imam Syafii, Imam Ahmad, atau imam mujtahid lainnya. Minimal tidak mengklaim bahwa itu adalah hasil ijtihadnya.

Inilah lebih kurang pesan yang ingin disampaikan oleh Ibnu Qudamah dalam Raudhah An-Nazhir ketika membahas bab ijtihad. Imam Ibnu Qudamah menjelaskan bahwa para ulama sepakat seorang mujtahid tidak boleh mengikut mujtahid lainnya

  المجتهد إذا اجتهد فغلب على ظنه الحكم، لم يجزْ له تقليد غيره[1]  

Dan mereka boleh menyampaikan pendapat imam madzhab lainnya kepada halayak, namun tidak boleh mengklaim bahwa itu adalah hasil ijtihadnya sebab dia hanya taqlid kepada mujtahid lainnya:

 ولكن يجوز له أن ينقل للسمتفتي مذهب الأئمة، كأحمد والشافعي، ولا يفتي مِنْ عند نفسه بتقليد غيره[2]

 

Orang Awam Wajib Mengikut (Taqlid)

Para ulama ushul menilai bahwa sepanjang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk sampai pada level mujtahid belum ada, maka pada dasarnya mereka adalah awam. Karena pada dasarnya orang awam tidak mempunyai cukup syarat untuk berijtihad, maka disini mereka hanya diperintahkan untuk mengikut saja, ber-taqlid, tentunya mengikut para ulama mujtahid. Bahkan dengan tegas Ibnu Qudamah mengatakan wajib hukumnya bertaqlid kepada para ulama mujtahid.

Taqlid artinya mengambil pendapat mujtahid dalam suatu masalah tanpa mengetahui dalilnya, atau tanpa mengetahui dalilnya dengan sempurna. Ada awam yang memang benar-benar buta dengan pengetahuan akan dalil, tapi ada ada juga yang tahu sedikit tentang cara berdalil namun masih sangat kurang untuk menyimpulkan sendiri, keduanya sama awam, walau ada sedikit perbedaan.

Jika dalam satu negeri ada banyak mujtahid maka mereka yang awam berhak untuk mengikut siapa saja dari ulama mujtahid yang ingin mereka ikuti

للعاميِّ أن يقلد من شاء من المجتهدين  [3]

kaidah diatas masyhur dikalangan ulama ushul,  bahkan sebagian menganggap perkara ini sudah ada konsensusnya (ijma’). Untuk itu kita mengenal istilah bahwa orang awam itu pada dasarnya tidak mempunyai madzhab khusus yang mengikat, madzhab mereka adalah madzhab ustadnya (mufti)

  العامي لا مذهب له، بل مذهبه مذهب مفتيه [4]

Hal ini dikuatkan oleh Imam Nawawi dalam Raudhah At-Thalibin bahwa orang awam tidak harus berpegang teguh dengan satu madzhab tertentu, namun mereka boleh meminta fatwa kepada ulama yang mereka kehendaki, tanpa adanya niat dengan sengaja untuk mencari yang mudah saja

 [5]الذي يقتضيه الدليل أنه لا يلزمه التمذهب بمذهب، بل يستفتي من شاء، أو من اتفق من غير تلقط للرخص 

Sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut:

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui” (QS. An-Nahl: 43)

Tinggal lagi permasalahan berikutnya adalah menentukan dan memilih siapa saja dari ulama kita yang masuk dalam level mujtahid. Ini penting untuk diketahui karena pada dasarnya sangat jelas bedanya antara ulama mujtahid, ulama yang belum sampai pada derajat mujtahid, ustadz, artis, pelawak dan dukun. Jangan sampai istilah ini menjadi bias, hanya karena media yang selalu menghadirkan mereka di televisi.

Jika kita adalah awam, sekiranya tidak ada kehinaan sama sekali dengan menyadari keawaman kita, dan setinggi-tingginya level awam tetap saja kita bukan mujtahid yang mempunyai hak utuh untuk berbicara dalil dengan sangat vokal, apalagi jika seandainya kita adalah awam pada level akut.

Proses belajar melalui majlis taklim, pesantren akhir pekan, melalui website, setidaknya menjadi awal dari bagaimana menyadarkan diri agar kita tahu bahwa sebenarnya selama ini kita tidak tahu, dengan pembelajaran seperti itu setidaknya kita bisa menaikkan level awam kita agar tidak berada pada posisi strata paling bawah, berharap sedikit demi sedikit kita juga mulai membaca dalil-dalil yang mereka gunakan.

Keberadaan awam dalam kehidupan ini tidaklah sehina yang dibayangkan, bahwa salah satu unsur stabiltas kehidupan justru karena adanya peran mereka yang awam. Keberadaan para pedagang yang sepanjang hari tidak pernah tahu dengan kitab-kitab ushul, fiqih, tafsir, hadits dan lainnya, sudah membantu masalah ini memenuhi hajat hidup mereka. Para sopir angkot, taxi, yang sepanjang hari berada di dalam mobilnya juga sudah membuat roda kehidupan berjalan. Petani sawah dan kebun yang sudah menanam padi, buah dan sayur tidak kalah pentingnya, sehingga dengan izin Allah kita makan dengan hasil penjualan mereka. Dan begitu seterusnya, yang ada justru sebenarnya hidup ini akan kacau jika semua orang diwajibkan untuk menjadi mujtahid.

 

Taqlid Bertentangan Dengan Pesan Ulama?

Sekilas bahwa pesan yang sering kita dengar dari para ulama bahwa: “Jika benar suatu hadits maka itulah madzbku atau pendapatku” haruslah difahami secara proporsional. Pesan ini sebenarnya ditujukan untuk para ulama mujtahid, bukan untuk selain mereka. Bagaimana mungkin orang awam akan mengetahui bahwa ada pendapat mujtahid yang bertentangan dengan Al-Quran maupun Hadits sedang mereka tidak pernah tahu dan tidak pernah selesai membaca semua kitab yang ditulis oleh ulama tersebut, dan buta dengan metodelogi mereka dalam menyimpulkan sebuah hukum. Ini yang kadang membuat kita tambah bingung, bagaimana mungkin orang awam mengahakimi ulama yang sudah sampai pada level mujtahid dengan mengatakan bahwa pendapatnya bertentangan dengan Al-Quran dan tidak sejalan dengan Hadits?

Jika pernyataan itu didapat lewat keterangan sebagian ustad, maka pada umumnya apalagi ustad di negeri kita ini belum sampai pada level mujtahid, jadi menentangkan pendapat mereka dengan pendapat para mujtahid menjadi tidak relevan.

Jikapun pernyataan  bahwa ada pendapat satu mujtahid yang bertentang dengan Al-Quran atau Hadits didapat melalui ulama besar dari negri Timur Tengah sana, maka keyakinan kita dengan pendapat ulama ini juga disebut dengan taqlid, lantas apa bedanya taqlid kita kepada ulama ini dengan ulama itu? Dan taqlid kita kepada ulama yang yang satu tidaklah lebih utama ketimbang taqlid kepada selainnya, karena tetap saja keduanya adalah taqlid.

Jadi permasalahan ini hanya akan relevan untuk sesama mujtahid, karena sedari awal sudah kita jelaskan bahwa hanya merekalah yang berhak berijtihad, dan bahwa hasil ijtihadnya tidak mengikat untuk ulama lainnya.

Jadi mari kita dudukkan permasalahan ini pada tempatnya. Dalam hal ini kita butuh membuka dua kitab; Kitab percaya diri dan kitab tahu diri. Untuk para ulama bolehlah mereka membuka kitab percaya diri dengan usaha yang sudah mereka lakukan, tapi buat kita yang masih awam mari membuka kitab tahu diri, bahwa sebenarnya kita hanya diminta untuk mengikut saja, tanpa harus menyalahkan pengikut lainnya.

 

Wallahu A’lam Bisshawab

Sumber dengan beberapa catatan penting :

Kitab Percaya Diri dan Kitab Tahu Diri | rumahfiqih.com

 

Sumber lainnya :

1)      موقف العامي من تضارب الفتاوى - فقه المسلم (islamonline.net)

2)      موقفنا من اختلاف العلماء - الإسلام سؤال وجواب (islamqa.info)

3)      موقف العامي عند اختلاف العلماء في الفتوى - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.net)

4)      ما يلزم العامي إذا اختلفت عليه أقوال العلماء ولم يدر أيها أرجح - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.net)

5)      موقف العوام من اختلاف العلماء (alukah.net)

6)      موقف المستفتي إذا اختلفت أقوال المفتين (binbaz.org.sa)

7)      الموقع الرسمي لفضيلة الشيخ / محمد بن صالح بن عثيمين رحمة الله تعالى - عند اختلاف العلماء بقول من يأخذ المستفتي؟ (binothaimeen.net)

8)      ص486 - كتاب أصول الفقه الذي لا يسع الفقيه جهله - سؤال العامي من شاء من المفتين - المكتبة الشاملة (shamela.ws)

9)      ما هو سبب اختلاف العلماء ؟ وما موقف العامة من هذا الخلاف ؟ - صوتيات وتفريغات الإمام الألباني (al-albany.com)

10)  ما هو موقف العامي من اختلاف العلماء في الفتوى الواحدة؟ (fatawapedia.com)

11)  دار الإفتاء - اختلاف العلماء في مسائل الفقه اختلاف رحمة (aliftaa.jo)

12)  دار الإفتاء - يجوز للعامي أن يقلد في كل مسألة من شاء من الأئمة (aliftaa.jo)

13)  ص322 - أرشيف ملتقى أهل الحديث - العامي واختلاف الفتوى - المكتبة الشاملة الحديثة (al-maktaba.org)

14)  واجب العامي عند اختلاف المذاهب - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.net)

15)  هل يجب على العاميّ أن يكون له مرجع يقلّده - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.net)

16)  تخيّر العاميّ من الفتاوى - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.net)

17)  رابطة العلماء السوريين | قسم عام | موقف العامي من اختلاف العلماء (islamsyria.com)

18)  ما هو الواجب على العامي تجاه اختلاف فتاوى العلماء؟ – دار الإفتاء الليبية (ifta.ly)

19)  مَن هو المؤهل للفتوى في دين الله؟ | موقع الشيخ يوسف القرضاوي (al-qaradawi.net)

20)  حكم الاكتفاء بنصوص القرآن والسنة دون الرجوع إلى فهم العلماء - الفتاوى - دار الإفتاء المصرية - دار الإفتاء (dar-alifta.org)

21)  اختلاف الفتوى في المذاهب عن نفس المسألة (almeshkat.net)

22)  هل اختلاف العلماء رحمة؟ وما موقف العامي منه؟ (salmajed.com)

23)  إذا اختلف العلماء في مسألة - عبد الرحمن بن عبد الخالق اليوسف - طريق الإسلام (islamway.net)

24)  تتَبُّـعُ الرُّخَصِ - الدرر السنية (dorar.net)

25)  شبكة مشكاة الإسلامية - الفتاوى - مسائل مهمة حول اختلاف العلماء والجهاد – الخلاف – الاختلاف (almeshkat.net)

26)  فتاوى الكبار : في موقف طالب العلم والعامي عند اختلاف العلماء في المسائل الشرعية - منتديات الإمام الآجري (ajurry.com)

27)  تقليد العامي لمذهب فقهي - فقه المسلم (islamonline.net)

28)  ص7 - كتاب دروس للشيخ أبي إسحاق الحويني - شرح قاعدة مذهب العامي مذهب مفتيه - المكتبة الشاملة (shamela.ws)

29)  ما صحة مقولة : " مذهب العامي مذهب مفتيه " | الملتقى الفقهي (feqhweb.com)

30)  بطلان مقولة (مذهب العامي مذهب مفتيه) (alukah.net)

31)  هل يلزم العامي بمذهب معين من المذاهب الفقهية الأربعة أم يجوز له أن يتخير ويقلد أي مذهب شاء؟ – الموقع الرسمي للدكتور وليد ابن الصلاح (drwaleedbinalsalah.com)

32)  الموسوعة الشاملة - فتاوى الأزهر (islamport.com)

33)  حكم تقليد العامِّي مذهبًا غير مذهب بلده لتخفيف الحكم - إسلام ويب - مركز الفتوى (islamweb.com)

34)  هل يلزم العاميّ أن يتمذهب ببعض المذاهب المعروفة | كوكب الفوائد- فلسطين (alfawaeid.com)

35)  ص255 - كتاب المستدرك على مجموع الفتاوى - هل يخير المقلد في المجتهدين - المكتبة الشاملة (shamela.ws)



[1]  روضة الناظر وجنة المناظر في أصول الفقه على مذهب الإمام أحمد بن حنبل (ج 2 ص 373)

[2]  روضة الناظر وجنة المناظر في أصول الفقه على مذهب الإمام أحمد بن حنبل (ج 2 ص 374)

[3]  "فتاوى العز بن عبد السلام" (رقم/46)

[4]  دروس للشيخ أبو إسحاق الحويني (7-134)

[5]  روضة الطالبين وعمدة المفتين (ج 11ص 117) تمام كلامه وَهَلْ يَجُوزُ لِلْعَامِّيِّ أَنْ يَتَخَيَّرَ وَيُقَلِّدَ أَيَّ مَذْهَبٍ شَاءَ، نُظِرَ إِنْ كَانَ مُنْتَسِبًا إِلَى مَذْهَبٍ، بُنِيَ عَلَى وَجْهَيْنِ، حَكَاهُمَا الْقَاضِي حُسَيْنٌ فِي أَنَّ الْعَامِّيَّ هَلْ لَهُ مَذْهَبٌ أَمْ لَا؟ أَحَدُهُمَا: لَا؛ لِأَنَّ الْمَذْهَبَ لِعَارِفِ الْأَدِلَّةِ، فَعَلَى هَذَا لَهُ أَنْ يَسْتَفْتِيَ مَنْ شَاءَ، وَأَصَحُّهُمَا عِنْدَ الْقَفَّالِ لَهُ مَذْهَبٌ، فَلَا تَجُوزُ مُخَالَفَتُهُ.وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مُنْتَسِبًا، بُنِيَ عَلَى وَجْهَيْنِ، حَكَاهُمَا ابْنُ بَرْهَانٍ بِفَتْحِ الْبَاءِ مِنْ أَصْحَابِنَا فِي أَنَّ الْعَامِّيَّ هَلْ يَلْزَمُهُ التَّقَيُّدُ بِمَذْهَبٍ مُعَيَّنٍ؟ أَحَدُهُمَا: لَا، فَعَلَى هَذَا هَلْ لَهُ أَنْ يُقَلِّدَ مَنْ شَاءَ أَمْ يَبْحَثَ عَنْ أَسَدِّ الْمَذَاهِبِ، فَيُقَلِّدَ أَهْلَهُ وَجْهَانِ، كَالْبَحْثِ عَنِ الْأَعْلَمِ. وَالثَّانِي وَبِهِ قَطَعَ أَبُو الْحَسَنِ إِلْكِيَا: يَلْزَمُهُ. وَهُوَ جَارٍ فِي كُلِّ مَنْ يَبْلُغُ رُتْبَةَ الِاجْتِهَادِ مِنَ الْفُقَهَاءِ وَأَصْحَابِ سَائِرِ الْعُلُومِ، لِئَلَّا يَتَلَقَّطُ رُخَصَ الْمَذَاهِبِ بِخِلَافِ الْعَصْرِ الْأَوَّلِ، وَلَمْ تَكُنْ مَذَاهِبَ مُدَوَّنَةً، فَيَتَلَقَّطُ رُخَصَهَا. فَعَلَى هَذَا يَلْزَمُهُ أَنْ يَخْتَارَ مَذْهَبًا يُقَلِّدُهُ فِي كُلِّ شَيْءٍ، وَلَيْسَ لَهُ التَّمَذْهُبُ بِمُجَرَّدِ التَّشَهِّي، وَلَا بِمَا وَجَدَ عَلَيْهِ أَبَاهُ، هَذَا كَلَامُ الْأَصْحَابِ. وَالَّذِي يَقْتَضِيهِ الدَّلِيلُ أَنَّهُ لَا يَلْزَمُهُ التَّمَذْهُبُ بِمَذْهَبٍ، بَلْ يَسْتَفْتِي مَنْ شَاءَ، أَوْ مَنِ اتَّفَقَ، لَكِنْ مِنْ غَيْرِ تَلَقُّطٍ لِلرُّخَصِ.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: