SIFAT ORANG YANG BERIMAN & BERTAQWA
1) وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَندَادًۭا
يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ ٱللَّهِ ۖ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَشَدُّ حُبًّۭا
لِّلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى ٱلَّذِينَ ظَلَمُوٓا۟ إِذْ يَرَوْنَ ٱلْعَذَابَ أَنَّ
ٱلْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًۭا وَأَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعَذَابِ ﴿البقرة: ١٦٥﴾
165. Dan diantara manusia ada
orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka
mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang
beriman Amat sangat cintanya kepada Allah. dan jika seandainya orang-orang
yang berbuat zalim itu[106] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari
kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah Amat
berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
2)
إِنَّمَا
ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا
تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمَٰنًۭا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ
يَتَوَكَّلُونَ ﴿الأنفال:
2﴾ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ
وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ حَقًّۭا ۚ
لَّهُمْ دَرَجَٰتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌۭ وَرِزْقٌۭ كَرِيمٌۭ ﴿الأنفال: 4﴾
2. Sesungguhnya
orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595]
gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman
mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
3. (yaitu) orang-orang
yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami
berikan kepada mereka.
4. Itulah
orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh
beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat)
yang mulia.
[594] Maksudnya:
orang yang sempurna imannya.
[595] Dimaksud
dengan disebut nama Allah Ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan
memuliakannya.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
– AL-ANFAL 2
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
– AL-ANFAL 3
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
– AL-ANFAL 4
3)
إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱللَّهِ
وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ بِأَمْوَٰلِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ
فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلصَّٰدِقُونَ ﴿الحجرات: ١٥﴾
15. Sesungguhnya
orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada
Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang
(berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. mereka Itulah
orang-orang yang benar.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
4)
إِنَّمَا
كَانَ قَوْلَ ٱلْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ
لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَن يَقُولُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ
هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ ﴿النور:
٥١﴾
51. Sesungguhnya
jawaban oran-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya
agar Rasul menghukum (mengadili) di antara mereka[1045] ialah ucapan.
"Kami mendengar, dan Kami patuh". dan mereka Itulah orang-orang yang
beruntung.
[1045]
Maksudnya: di antara kaum muslimin dengan kaum muslimin dan antara kaum
muslimin dengan yang bukan muslimin.
v TAFSIR
TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
5)
إِنَّمَا
ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَإِذَا كَانُوا۟
مَعَهُۥ عَلَىٰٓ أَمْرٍۢ جَامِعٍۢ لَّمْ يَذْهَبُوا۟ حَتَّىٰ يَسْتَـْٔذِنُوهُ ۚ
إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَـْٔذِنُونَكَ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ
وَرَسُولِهِۦ ۚ فَإِذَا ٱسْتَـْٔذَنُوكَ لِبَعْضِ شَأْنِهِمْ فَأْذَن لِّمَن
شِئْتَ مِنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمُ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌۭ رَّحِيمٌۭ ﴿النور:
٦٢﴾
62. Sesungguhnya
yang sebenar-benar orang mukmin ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya, dan apabila mereka berada bersama-sama Rasulullah dalam sesuatu
urusan yang memerlukan pertemuan, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah)
sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin
kepadamu (Muhammad) mereka Itulah orang-orang yang beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya, Maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan,
berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah
ampunan untuk mereka kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang.
v TAFSIR
TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
6)
إِنَّمَا
يُؤْمِنُ بِـَٔايَٰتِنَا ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا۟ بِهَا خَرُّوا۟ سُجَّدًۭا
وَسَبَّحُوا۟ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ ﴿السجدة:
15﴾
4تَتَجَافَىٰ
جُنُوبُهُمْ عَنِ ٱلْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًۭا وَطَمَعًۭا وَمِمَّا
رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ ﴿السجدة:
16﴾ فَلَا
تَعْلَمُ نَفْسٌۭ مَّآ أُخْفِىَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعْيُنٍۢ جَزَآءًۢ بِمَا
كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ ﴿السجدة: 17﴾
15. Sesungguhnya
orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila
diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud[1192] seraya
bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.
16. Lambung
mereka jauh dari tempat tidurnya[1193] dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya
dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang
Kami berikan.
17. Tak
seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang
sebagai Balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.
[1192] Maksudnya
mereka sujud kepada Allah serta khusyuk. Disunahkan mengerjakan sujud tilawah
apabila membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah yang seperti ini.
[1193] Maksudnya
mereka tidak tidur di waktu biasanya orang tidur untuk mengerjakan shalat
malam.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AS-SAJDAH 15
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AS-SAJDAH 16
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
– AS-SAJDAH 17
7)
وَٱلْمُؤْمِنُونَ
وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍۢ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ
وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ
وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ ٱللَّهُ ۗ
إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌۭ ﴿التوبة:
٧١﴾
71. Dan orang-orang yang beriman,
lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi
sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari
yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan
Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha
Perkasa lagi Maha Bijaksana.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
8) ۞ إِنَّ ٱللَّهَ ٱشْتَرَىٰ مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ
أَنفُسَهُمْ وَأَمْوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلْجَنَّةَ ۚ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ
ٱللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّۭا فِى
ٱلتَّوْرَىٰةِ وَٱلْإِنجِيلِ وَٱلْقُرْءَانِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ مِنَ
ٱللَّهِ ۚ فَٱسْتَبْشِرُوا۟ بِبَيْعِكُمُ ٱلَّذِى بَايَعْتُم بِهِۦ ۚ وَذَٰلِكَ
هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ ﴿التوبة:
111﴾ ٱلتَّٰٓئِبُونَ
ٱلْعَٰبِدُونَ ٱلْحَٰمِدُونَ ٱلسَّٰٓئِحُونَ ٱلرَّٰكِعُونَ ٱلسَّٰجِدُونَ
ٱلْءَامِرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱلنَّاهُونَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱلْحَٰفِظُونَ
لِحُدُودِ ٱللَّهِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ ﴿التوبة:
112﴾
111. Sesungguhnya
Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan
memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka
membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di
dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya
(selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu
lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.
112. Mereka itu
adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang
melawat[662], yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah
berbuat Munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. dan gembirakanlah
orang-orang mukmin itu.
[662] Maksudnya:
melawat untuk mencari ilmu pengetahuan atau berjihad. ada pula yang menafsirkan
dengan orang yang berpuasa.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AT-TAUBAH 111
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AT-TAUBAH 112
9) قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ ﴿المؤمنون:
1﴾ ٱلَّذِينَ
هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ ﴿المؤمنون:
2﴾ وَٱلَّذِينَ
هُمْ عَنِ ٱللَّغْوِ مُعْرِضُونَ ﴿المؤمنون:
3﴾
tوَٱلَّذِينَ
هُمْ لِلزَّكَوٰةِ فَٰعِلُونَ ﴿المؤمنون:
4﴾ وَٱلَّذِينَ
هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَٰفِظُونَ ﴿المؤمنون:
5﴾ إِلَّا
عَلَىٰٓ أَزْوَٰجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ
مَلُومِينَ ﴿المؤمنون: 6﴾ فَمَنِ
ٱبْتَغَىٰ وَرَآءَ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْعَادُونَ ﴿المؤمنون: 7﴾ وَٱلَّذِينَ
هُمْ لِأَمَٰنَٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَٰعُونَ ﴿المؤمنون: 8﴾ وَٱلَّذِينَ
هُمْ عَلَىٰ صَلَوَٰتِهِمْ يُحَافِظُونَ ﴿المؤمنون:
9﴾ أُو۟لَٰٓئِكَ
هُمُ ٱلْوَٰرِثُونَ ﴿المؤمنون:
10﴾ ٱلَّذِينَ
يَرِثُونَ ٱلْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ ﴿المؤمنون:
11﴾
1. Sesungguhnya
beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu)
orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
3. Dan
orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada
berguna,
4. Dan
orang-orang yang menunaikan zakat,
5. Dan
orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. Kecuali
terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; Maka
Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa
mencari yang di balik itu[995] Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui
batas.
8. Dan
orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
9. Dan
orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
10. Mereka
Itulah orang-orang yang akan mewarisi,
11. (yakni) yang
akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.
[994] Maksudnya:
budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir, bukan
budak belian yang didapat di luar peperangan. dalam peperangan dengan
orang-orang kafir itu, wanita-wanita yang ditawan biasanya dibagi-bagikan
kepada kaum muslimin yang ikut dalam peperangan itu, dan kebiasan ini bukanlah
suatu yang diwajibkan. imam boleh melarang kebiasaan ini. Maksudnya:
budak-budak yang dimiliki yang suaminya tidak ikut tertawan bersama-samanya.
[995] Maksudnya:
zina, homoseksual, dan sebagainya.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 1
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 2
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 3
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 4
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 5
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 6
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 7
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 8
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 9
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 10
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-MUKMINUN 11
10)
لَّا
تَجِدُ قَوْمًۭا يُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ يُوَآدُّونَ مَنْ
حَآدَّ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَوْ كَانُوٓا۟ ءَابَآءَهُمْ أَوْ أَبْنَآءَهُمْ
أَوْ إِخْوَٰنَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ كَتَبَ فِى قُلُوبِهِمُ
ٱلْإِيمَٰنَ وَأَيَّدَهُم بِرُوحٍۢ مِّنْهُ ۖ وَيُدْخِلُهُمْ جَنَّٰتٍۢ تَجْرِى
مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۚ رَضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ
وَرَضُوا۟ عَنْهُ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ حِزْبُ ٱللَّهِ ۚ أَلَآ إِنَّ حِزْبَ ٱللَّهِ
هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ ﴿المجادلة: ٢٢﴾
22. Kamu tak
akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling
berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya,
Sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara
ataupun keluarga mereka. meraka Itulah orang-orang yang telah menanamkan
keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan[1462] yang
datang daripada-Nya. dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di
bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka,
dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. mereka Itulah
golongan Allah. ketahuilah, bahwa Sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan
yang beruntung.
[1462] Yang
dimaksud dengan pertolongan ialah kemauan bathin, kebersihan hati, kemenangan
terhadap musuh dan lain lain.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ
11)
ءَامَنَ
ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ
ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ
بَيْنَ أَحَدٍۢ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ
رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ ﴿البقرة:
285﴾
لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا
كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن
نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًۭا كَمَا
حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا
طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ
مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ ﴿البقرة: 286﴾
285. Rasul telah
beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula
orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya,
kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan
antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka
mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa):
"Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
286. Allah tidak
membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala
(dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang
dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum
Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau
bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada
orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami
apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan
rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum
yang kafir."
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-BAQOROH 285
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-BAQOROH 286
12)
$الٓمٓ ﴿البقرة:
1﴾ ذَٰلِكَ
ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًۭى لِّلْمُتَّقِينَ ﴿البقرة:
2﴾ tٱلَّذِينَ
يُؤْمِنُونَ بِٱلْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ
يُنفِقُونَ ﴿البقرة:
3﴾ وَٱلَّذِينَ
يُؤْمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ
وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ ﴿البقرة: 4﴾ أُو۟لَٰٓئِكَ
عَلَىٰ هُدًۭى مِّن رَّبِّهِمْ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ ﴿البقرة: 5﴾
1. Alif laam
miin[10].
2. Kitab[11] (Al
Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa[12],
3. (yaitu)
mereka yang beriman[13] kepada yang ghaib[14], yang mendirikan shalat[15], dan
menafkahkan sebahagian rezki[16] yang Kami anugerahkan kepada mereka.
4. Dan mereka
yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan
Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu[17], serta mereka yakin akan adanya
(kehidupan) akhirat[18].
5. Mereka Itulah
yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang
beruntung[19].
[10] Ialah
huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al
Quran seperti: Alif laam miim, Alif laam raa, Alif laam miim shaad dan
sebagainya. diantara Ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada
Allah karena dipandang Termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang
menafsirkannya. golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama
surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk
menarik perhatian Para Pendengar supaya memperhatikan Al Quran itu, dan untuk
mengisyaratkan bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang
tersusun dari huruf-huruf abjad. kalau mereka tidak percaya bahwa Al Quran
diturunkan dari Allah dan hanya buatan Muhammad s.a.w. semata-mata, Maka
cobalah mereka buat semacam Al Quran itu.
[11] Tuhan
menamakan Al Quran dengan Al kitab yang di sini berarti yang ditulis, sebagai
isyarat bahwa Al Quran diperintahkan untuk ditulis.
[12] Takwa Yaitu
memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala
perintah-perintah-Nya; dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya; tidak cukup
diartikan dengan takut saja.
[13] Iman ialah
kepercayaan yang teguh yang disertai dengan ketundukan dan penyerahan jiwa.
tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.
[14] Yang ghaib
ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindera. percaya kepada yang ghjaib
yaitu, mengi'tikadkan adanya sesuatu yang maujud yang tidak dapat ditangkap
oleh pancaindera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti:
adanya Allah, malaikat-malaikat, hari akhirat dan sebagainya.
[15] Shalat
menurut bahasa 'Arab: doa. menurut istilah syara' ialah ibadat yang sudah
dikenal, yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam, yang dikerjakan
untuk membuktikan pengabdian dan kerendahan diri kepada Allah. mendirikan
shalat ialah menunaikannya dengan teratur, dengan melangkapi syarat-syarat,
rukun-rukun dan adab-adabnya, baik yang lahir ataupun yang batin, seperti
khusu', memperhatikan apa yang dibaca dan sebagainya.
[16] Rezki:
segala yang dapat diambil manfaatnya. menafkahkan sebagian rezki, ialah
memberikan sebagian dari harta yang telah direzkikan oleh Tuhan kepada
orang-orang yang disyari'atkan oleh agama memberinya, seperti orang-orang
fakir, orang-orang miskin, kaum kerabat, anak-anak yatim dan lain-lain.
[17] Kitab-Kitab
yang telah diturunkan sebelum Muhammad s.a.w. ialah Kitab-Kitab yang diturunkan
sebelum Al Quran seperti: Taurat, Zabur, Injil dan Shuhuf-Shuhuf yang tersebut
dalam Al Quran yang diturunkan kepada Para rasul. Allah menurunkan kitab kepada
Rasul ialah dengan memberikan wahyu kepada Jibril a.s., lalu Jibril
menyampaikannya kepada rasul.
[18] Yakin ialah
kepercayaan yang kuat dengan tidak dicampuri keraguan sedikitpun. akhirat lawan
dunia. kehidupan akhirat ialah kehidupan sesudah dunia berakhir. yakin akan
adanya kehidupan akhirat ialah benar-benar percaya akan adanya kehidupan
sesudah dunia berakhir.
[19] Ialah
orang-orang yang mendapat apa-apa yang dimohonkannya kepada Allah sesudah
mengusahakannya.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ AL-BAQOROH 1
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ AL-BAQOROH 2
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ AL-BAQOROH 3
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ AL-BAQOROH 4
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ AL- BAQOROH 5
13)
۞ وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ
مَغْفِرَةٍۢ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ
أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ ﴿آلعمران: 133﴾ ٱلَّذِينَ
يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ
وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ ﴿آلعمران: 134﴾ وَٱلَّذِينَ
إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ ٱللَّهَ
فَٱسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ إِلَّا ٱللَّهُ وَلَمْ
يُصِرُّوا۟ عَلَىٰ مَا فَعَلُوا۟ وَهُمْ يَعْلَمُونَ ﴿آلعمران: 135﴾ أُو۟لَٰٓئِكَ
جَزَآؤُهُم مَّغْفِرَةٌۭ مِّن رَّبِّهِمْ وَجَنَّٰتٌۭ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا
ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۚ وَنِعْمَ أَجْرُ ٱلْعَٰمِلِينَ ﴿آلعمران: 136﴾
133. Dan
bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya
seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
134. (yaitu)
orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,
dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah
menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
135. Dan (juga)
orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri
sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa
mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan
mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.
136. Mereka itu
balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir
sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala
orang-orang yang beramal.
[229] Yang
dimaksud perbuatan keji (faahisyah) ialah dosa besar yang mana mudharatnya
tidak hanya menimpa diri sendiri tetapi juga orang lain, seperti zina, riba.
Menganiaya diri sendiri ialah melakukan dosa yang mana mudharatnya hanya
menimpa diri sendiri baik yang besar atau kecil.
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-IMRON 133
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-IMRON 134
v TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-IMRON 135
TAFSIR TAHLILI & TAFSIR WAJIZ – AL-IMRON 136
REFERENSI
KAJIAN TENTANG IMAN
v Hasil Pencarian - KBBI VI Daring
(kemdikbud.go.id)
v Arti kata iman - Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) Online
v Iman - Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas
v Pengertian
Iman Secara Bahasa dan Istilah Serta Tingkatannya - Gramedia Literasi
v Pengertian
Iman Menurut Ahlus Sunnah - Rumaysho.Com
v Pengertian
Keimanan Menurut Sejumlah Ulama
v Hakikat
Iman (pta-medan.go.id)
v Pengertian 6 Rukun Iman, Makna dan
Urutannya — Zakat.or.id
v Serial
Akidah Islam #7: Pengertian Iman | Pesantren Tahfidz Hamalatul Quran
v Apa Itu Iman? Inilah
Definisi Iman Secara Bahasa Dan Istilah (muslim.or.id)
v ACHMAD
DAILAMI-FU.pdf (uinjkt.ac.id)
v IMAN,
ILMU dan AMAL | Oleh : Drs. H. Asep Dadang Mulyana, SH., MH.
(pa-tasikmalaya.go.id)
v file_15-10-2020_5f884f1168695.pdf
(kemenag.go.id)
v
هل
العمل جزء من الإيمان؟ –
الموقع الرسمي للدكتور وليد ابن الصلاح (drwaleedbinalsalah.com)
v
أعلام
الحديث في شرح صحيح البخاري
v
عون
المعبود شرح سنن
أبي داود، ومعه حاشية ابن القيم
v
مباحث
العقيدة الأشعرية: الإيمــان (aktab.ma)
v
ما
هو الإيمان؟ (roknalmoslem.com)
v مَفْهومُ
الإيمانِ عنْدَ الأشاعِرةِ
v أولاً :
تعريف الإيمان عند الأشاعرة
v روائع
مختارة | قطوف إيمانية | عقائد وأفكار | الأشاعرة.. تعريفهم وعقائدهم|نداء الإيمان (al-eman.com)
v
معاينة
الأشاعرة وموقفهم من الإيمان دراسة عقديّة تحليلية
(uobaghdad.edu.iq)
v
هل
الأشاعرة على مذهب أهل الحديث في تعريف الإيمان
v
الإيمان
عند الأشاعرة
v
إختلافات
الأشاعرة والماتريدية : Free Download, Borrow, and Streaming :
Internet Archive
v نقاط
الاختلاف بين أهل الإسلام - إسلام أون لاين
(islamonline.net)
v اعتقاد الإمام
النووي رحمه الله
v
هل وقع الخلاف في مسائل العقيدة
v 1349991964.8515بحث الايمان.doc
(live.com)
v
تعريف
الإيمان –
موضوع (mawdoo3.com)
v
ظاهرة
ضعف الإيمان .. المظاهر و الأسباب و العلاج - إسلام أون لاين
(islamonline.net)
v
حول
دلالات الايمان في القرآن الكريم (qu.edu.qa)
v
كتاب شعب الإيمان - ط الرشد - المكتبة
الشاملة (shamela.ws)
v
الفَرْعُ
الأوَّلُ: تعريفُ الإيمانِ لغةً - الموسوعة العقدية - الدرر السنية (dorar.net)
v
الفَرْعُ
الثَّاني: تعريفُ الإيمانِ اصطِلاحًا - الموسوعة العقدية - الدرر السنية (dorar.net)
v
تعريف
الإيمان وأركانه - موضوع (mawdoo3.com)
v
الإيمان
بالله (islamweb.net)
v
تحميل
كتاب أقوال التابعين في مسائل التوحيد والإيمان pdf
- مكتبة نور (noor-book.com)
v
المسائل
العقدية التي تعددت فيها آراء أهل السنة والجماعة
(alukah.net)
v
دار
الإفتاء - مناهج المتكلمين في إثبات وجود ربّ العالمين ومقدماتها (aliftaa.jo)
v
ما
هي منظومة الأشاعرة في العقائد - إجابة (ejaba.com)
v
الايمان
عند اهل السنة الاشاعرة وعند الوهابية خوارج الامة الاسلامية
(ahlamontada.com)
v
هل
كفر الماتريدية الأشاعرة ؟ - الإسلام سؤال وجواب
(islamqa.info)
v
معتقد
الأشاعرة وأقوال أئمة الدين فيهم - منتديات الإمام الآجري
(ajurry.com)
v كيف
يزيد الإيمان وينقص؟! (almothaqaf.com)
v ﺗﺣﻘﻳق اﻟﻘوﻝ ﻓﻲ
ﻣﺳﺄﻟﺔ اﻟﺗﻛﻠﻳف ﺑﻣﺎ ﻻ ﻳُطﺎق ﻋﻧد اﻷﺷﻌرﻳﺔ
v
القول
الصحيح في إيمان المقلد (islamweb.net)
v
مقتضيات
صحة الإيمان بالله والصورة الكلية للإيمان
(islamweb.net)
v
الفرق
بين الإيمان والإسلام (binbaz.org.sa)
v
ما
معنى الإيمان بالله؟ - الإسلام سؤال وجواب
(islamqa.info)
v
أركان
الإيمان وشعب الإيمان - الإسلام سؤال وجواب
(islamqa.info)
v
المنهج
الحق في الإيمان بأسماء الله وصفاته - الإسلام سؤال وجواب
(islamqa.info)
v
موقف
المؤمن تجاه أسماء الله وصفاته من حيث المعنى والكيفية . - الإسلام سؤال وجواب (islamqa.info)
v
تعريف
الإيمان بالله لغة واصطلاحا (alukah.net)
v
معاني
أركان الإيمان - الدراسات الإسلامية - خامس ابتدائي - المنهج السعودي (sahl.io)
v
سلسلة
أركان الإيمان | شبكة بينونة للعلوم الشرعية
(baynoona.net)
الفرق بين أركان الإيمان وشعب الإيمان | موقع البطاقة الدعوي (albetaqa.site)