HUKUM BERJAMA’AH
PADA SHALAT LIMA WAKTU
1) Muhammadiyah
v Dari sini dapat
disimpulkan bahwa hukum shalat berjamaah adalah sunnah muakkadah, sebab tidak ditemukan dalil mengenai ancaman
siksa atau dosa bagi orang yang meninggalkannya. Sekiranya hukumnya wajib, maka
konsekuensi hukumnya adalah berdosa dan mendapat siksa apabila meninggalkannya.
Mengingat hukumnya sunnah muakkadah, maka selama tidak ada uzur syar‘i, umat Islam sangat
dianjurkan untuk melakukan shalat berjamaah di masjid
v Dalam kondisi apapun, setiap
laki-laki hendaknya shalat berjamaah dengan dasar hukum sunnah muakadah
(yang dikuatkan hingga mendekati wajib). Bahkan jika dia buta pun, tetap
diharuskan untuk berjamaah di masjid
v Dari semua dalil yang dikemukakan baik yang
mewajibkan maupun yang tidak mewajibkan shalat jamaah, menurut metode al-jam’u wa at-taufiq, dapat diambil kesimpulan bahwa shalat berjamaah
adalah wajib kifayah, yang berarti kalau suatu kampung ada yang
melakukan shalat berjamaah sudah menggugurkan kewajiban seluruh kampung.
v Kami sependapat dengan kesimpulan yang
disampaikan oleh Muhammad asy-Syaukani dalam kitab Nailul-Authar Juz II halaman 14, bahwa hadits-hadits di
atas menunjukkan bahwa adzan
dan iqamah disyariatkan juga kepada orang yang shalat sendirian
2) Nahdlotul Ulama (NU)
v Hasan bin Ahmad al-Kaf memerinci hukum
shalat berjamaah menjadi tujuh hokum.
v Ditinjau dari hukum fiqih, shalat
jamaah hukumnya sunah mu’akkad. Hal ini seperti penjelasan dalam
kitab Kifayatul Akhyar karya Imam Taqiyuddin Abi Bakr bin Muhammad al-Husaini.
v Dalam kitab kitab Ibanatul Ahkam, jumhur
ulama berpendapat shalat jamaah hukumnya adalah sunnah, berbeda dengan
Imam Ahmad yang berpendapat hukumnya fardhu ‘ain, sehingga melaksanakan shalat
tanpa berjamaah hukumnya tidak sah.
3) Website Bukan Wahaby
v دار الإفتاء - حكم صلاة الجماعة في المسجد (aliftaa.jo)
v حكم
صلاة الجماعة وفضلها - بوابة الأهرام (ahram.org.eg)
v الصلاة في البيت وترك الجماعة (awqaf.gov.ae)
v ص36 - كتاب صلاة
الجماعة - حكم صلاة الجماعة - المكتبة الشاملة (shamela.ws)
v حكم الجماعة في الصلاة (1/2) – المقالات والبحوث
(darululoom-deoband.com)
v حكم صلاة الجماعة للرجال.. فرض عين أم كفاية؟ وواجبة أم سنة؟
(mostgab.com)
v ما هو حكم صلاة الجماعة؟ وأهم الأدلة من القرآن الكريم والسنة
النبوية؟ - مفاهيم (mafahem.com)
v موسوعة الأدب العربي - حل سؤال هل صلاة الجماعة واجب ام لا؟
(alwaffer.com)
4) Website Wahaby
v مذاهب العلماء في حكم الجماعة في المسجد (islamweb.net)
v مذاهب العلماء في حكم صلاة الجماعة (islamweb.net)
v ما حُكمُ صلاةِ الجماعةِ ؟ - الموسوعة الفقهية - الدرر السنية
(dorar.net)
v فضائل صلاة الجماعة - إسلام أون لاين (islamonline.net)
v هل الصلاة مع الجماعة شرط لصحة الصلاة؟ (binbaz.org.sa)
v حكم صلاة الجماعة في المسجد - الإسلام سؤال وجواب
(islamqa.info)
v حكم صلاة الجماعة - فقه المسلم (islamonline.net)
v حكم صلاة الجماعة (alukah.net)
v حكم
صلاة الجماعة في المساجد مع المسلمين | موقع معالي الشيخ صالح الفوزان
(af.org.sa)
5) Kitab Hadits dan Syarahnya
v المنهاج
شرح صحيح مسلم بن الحجاج
6) Kitab Fiqhil Hadits
v
فتح
ذي الجلال والإكرام بشرح بلوغ المرام
7) Kitab – kitab Fiqh
v article_10653_a64ba96f61c952057cad28be80315468.pdf
(ekb.eg)
v
كتاب المجموع شرح المهذب - ط المنيرية
v
نهاية المطلب في دراية
المذهب
v
الحاوي الكبير في فقه مذهب الإمام الشافعي
v
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين
v
روضة الطالبين وعمدة
المفتين
v
فتح القريب
"فصل" وصلاة
الجماعة سنة مؤكدة[1] وعلى المأموم أن ينوي الائتمام دون الإمام ويجوز أن يأتم الحر
بالعبد والبالغ بالمراهق ولا تصح قدوة رجل بامرأة ولا قارئ بأمي وأي موضع صلى في
المسجد بصلاة الإمام فيه وهو عالم بصلاته أجزئه ما لم يتقدم عليه وإن صلى خارج
المسجد والمأموم قريبا منه وهو عالم بصلاته ولا حائل هناك جاز
v
نهاية المحتاج
v
نهاية المحتاج
v
كفاية الاحيار
v
فقه السنة
v
الفِقْهُ الإسلاميُّ
وأدلَّتُهُ
v
موسوعة الفقه الإسلامي
المصرية
v
الموسوعة الفقهية
الكويتية
v
الفقه على المذاهب الأربعة
v المغني لابن قدامة
v كتاب المحلى بالآثار
[1] هذا
ضعيف والمعتمد أنها فرض كفاية .قـال العلامـة ابـن قاسـم: وصـلاة الجماعـة للرجـال ) سـنة مؤكدة( عند
المصنف والرافعي والأصـح عنـد النـووي أنهـا فرض كفايـة ( اهـ. ج . ١ص .٢٥٠ (قـال
العلامـة البـاجوري معلقا : ) قولـه سـنة مؤكـدة عنـد المصنف والرافعي ( أي سنة عين
وقيل سنة كفاية وقيـل إنهـا فرض
عين وقيل فرض كفاية وهو الأصح كما قـال الـشارح: والأصح
عند النووي أنها فرض كفايـة ( فجملـة الأقـوال أربعة
الراجح منها أنها فرض كفاية ... اهـ ج .١ص .250