HIDUP ADALAH UJIAN

SELAMAT DATANG DI BLOG " KHAIRUL IKSAN "- Phone : +6281359198799- e-mail : khairul.iksan123@gmail.com

Minggu, 27 Agustus 2023

PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

 




PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA  KELAS V  SEKOLAH DASAR NEGERI  DI GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN  KABUPATEN PAMEKASAN


ABSTRAK 

Khairul Iksan, 2012. Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang. Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  Kelas V  Sekolah Dasar Negeri  Di Gugus IV Kecamatan Palengaan  Kabupaten Pamekasan ; Komisi Pembimbing, Ketua : Prof. Dr.  Bambang Swasto, ME. Anggota : Dr. Hadi Sriwiyana, MM.

Kata Kunci      : Pengaruh, Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Pendidikan merupakan usaha untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa. Karena itu prestasi siswa perlu ditingkatkan untuk mempertinggi daya saing. Dalam peningkatan mutu pendidikan maupun Prestasi belajar siswa, Guru memiliki peranan yang sangat penting karena merupakan fasilitator  pendidikan dan pengajaran di sekolah sehingga dapat menentukan keberhasilan siswa. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi yang diajarkan kebanyakan mencakup aspek kognitif dan afektif saja. Sehingga siswa dituntut untuk mampu mengingat bahkan menghafal apa yang dijelaskan guru ataupun menghafal apa yang ada dalam buku. Oleh karenanya, dibutuhkan seorang guru yang profesional. Karena proses pembelajaran di dalam kelas adalah serangkaian pengalaman yang siswa alami, maka siswa akan memaknai pengalaman ini melalui proses persepsi dan hasil persepsi mempengaruhi aktivitas mental selanjutnya. Persepsi siswa dalam hal ini adalah persepsi tentang kompetensi guru sebagai pengajar di kelas. Agar kompetensi yang dimiliki seorang guru baik, maka seorang guru juga memerlukan peranan siswa untuk memberikan penilaian, tanggapan dan koreksi kompetensi guru tersebut.

Adapun Penelitian ini dilakukan di SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru  terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa, (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa .

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 150 siswa yang masing-masing kelas di tiap sekolah berbeda jumlah siswanya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa yang diambil secara acak dengan teknik  random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket yang diisi oleh siswa dan dokumentasi yang didapat dari nilai Ujian Semester gasal tahun 2012/2013.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan computer program SPSS 18 for windows. Hasil analisis dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru (X1) memiliki thitung = -0,886 dan ttabel = 2,021. Jadi thitung < ttabel atau signifikansi t= 0,381 terhadap prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Variabel X2 memiliki thitung = 0,777 dan ttabel = 2,021 Jadi thitung < ttabel atau signifikansi t= 0,442. Variabel X1 dan X2 mempunyai nilai F hitung 0,551 dengan F tabel= 3,23. Jadi F hitung < Ftabel atau signifikansi 5%.  

Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa 1) tidak ada pengaruh yang signifikan presepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 3) tidak ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V di gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Hasil yang tidak signifikan dalam penelitian ini kemungkinan besar disebabkan oleh kesalahan pengambilan sampel dan kesalahan teknik analisis.

Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru hendaknya mempertahankan dan selalu berusaha meningkatkan kompetensinya agar siswa memiliki persepsi yang positif terhadapnya. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal, (2) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap prestasi yang dicapainya dalam pembelajaran tersebut. Karena motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) bagi peneliti yang lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang akan diteliti sehingga bisa mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.

ABSTRACT

Iksan Khairul, 2012. The Postgraduate (S-2) Program of Kanjuruhan University in Malang. Social Science Education Program. The Influence Perceptions About Student Teacher Competency and Learning Achievement Motivation Against Social Sciences V Grade Elementary School in Gugus IV Palengaan District of Pamekasan; Commission Advisor, Chairman: Prof. Dr. Bambang Swasto, ME. Members: Dr. Hadi Sriwiyana, MM.


Keywords: Effects, Student Perceptions, Teacher Competency, Motivation,               

       Learning Achievement.

Top of Form

Education is an attempt to prepare the younger generation as the successor to the ideals of the nation. Because of student achievement should be improved to enhance competitiveness. In improving the quality of education and student achievement, teachers have a very important role because it is a facilitator of education and teaching in the school so it can determine the success of students. In Social Science subjects taught material that covers most of the cognitive and affective aspects of the course. So that students are required to be able to remember even memorize what the teacher described or memorize what is in the book. Therefore, it takes a professional teacher. Because of the learning process in the classroom is a series of experiences that students experience, the students will make sense of this experience through the process of perception and perceptual outcomes affect subsequent mental activity. Perceptions of students in this case is the perception of teacher competence as a teacher in the classroom. In order for a teacher's competence is good, then a teacher role also requires students to provide assessment, feedback and correction of teacher competence.
The study was conducted in elementary schools in Gugus IV t Palengaan Distric of Pamekasan to determine (1) the influence of Student Perceptions to teachers competence to achievement of Social Sciences, (2) the influence of motivation on learning achievement of students of Social Sciences, (3) the influence students' perceptions of teachers competence and motivation for student achievement.

The population in this research were students of class V in gugus  IV Elementary School Palengaan District  of Pamekasan totaling 150 students of each grade in each school is different student numbers. Samples taken in this research are 45 students drawn randomly with random sampling technique. The instrument used in this research was a questionnaire and documentation. Questionnaire completed by the student and documentation obtained from the result of odd Semester Examination year 2012/2013.

The data analysis technique used in this research is Multi-Linear Regression computerized SPSS 18.00 program for windows. The results of the analysis can be seen that perceptions of the student teacher's competence (X1) has thitung = -0.886 and ttabel = 2.021. So thitung< ttable or significance t = 0.000 on student achievement fifth grade Social Studies subjects. Variable X2 has thitung = 0.777 and ttabel = 2.021. So  thitung< ttable or significance of t = 5%. Variables X1 and X2 has tcount 0.551 with TTable = 3.23. So thitung< ttable or significance 5%.

From these results it can be concluded that 1) there was no significant effect on students' perception of teacher competence on learning achievement of Social Sciences, 2) there is no significant effect on learning achievement motivation Social Sciences, and 3) no significant effect students' perceptions of teacher competence and motivation toward achievement of Social Sciences of class V in gugus  IV Elementary School Palengaan District  of Pamekasan. The results were not significant in this study is most likely due to sampling error and error analysis techniques.

Advice can be given are (1) the teacher should always strive to maintain and improve their competence so that students have a positive perception of him. Thus, students will be motivated to study Social Sciences, so that the goal can be achieved with optimal learning, (2) students are expected to always improve learning motivation as having high motivation to learn will affect his achievements in learning. Since motivation has a very important role in improving student achievement, (3) for other researchers who will conduct similar research is recommended to add a variable to be studied so that it can reveal more problems and provide results of research findings more meaningful and more useful for many parties.


KATA PENGANTAR 

             Puji syukur penulis sampaikan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulisan tesis ini dapat terselesaikan tepat waktu yang telah direncanakan. Tak lupa pula penulis mohonkan sholawat dan salam atas Nabi Muhammad SAW atas jasa-jasanya yang telah memperkenalkan penulis kepada Allah SWT.

            Tujuan penulisan tesis ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sekolah dasar negeri di gugus IV kecamatan Palengaan kabupaten Pamekasan.

Dalam penulisan laporan ini mendapat bantuan dari banyak pihak. Maka dari itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :

1.    Bapak Rektor Universitas Kanjuruhan.

2.    Bapak/Ibu Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan.

3.    Bapak prof. Dr. H. Bambang Swasto, ME selaku Pembimbing I  yang dengan tekun memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis, sehingga tesis ini selesai.

4.    Bapak Dr. Hadi Sriwiyana MM selaku pembimbing II yang dengan tekun memberikan pengarahan tentang teknik penulisan, sehingga penyusunan tesis ini dapat berjalan dengan lancar.

5.    Bapak-bapak dan ibu-ibu dosen Pasca Sarjana yang telah memberikan kuliah dan dorongan dalam pembuatan Tesis ini.

6.    Bapak almarhum dan ibu tercinta yang telah memberikan doa restu, bantuan serta dorongan semangat untuk selalu giat mencari ilmu pengetahuan dan mengamalkannya kepada penulis 

7.    Istri dan anak-anak tercinta, atas dorongan yang kuat, pengorbanan dan doanya, sehingga tesis ini dapat diselesaikan sesuai jadwal yang direncanakan

8.    Teman senasib seperjuangan yang ikut andil dalam penelitian dan penulisan laporan penelitian ini.

            Atas segala bantuan dari semua pihak baik moral, material maupun spiritual mudah-mudahan mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT.

            Dalam laporan ini tentunya tidak terlepas dari kelemahan, kesalahan dan kekurangan. Untuk itu penulis mohon adanya saran dan kritik yang bersifat konstruktif agar dapat dijadikan pedoman dalam penulisan karya tulis yang lain pada periode berikutnya.

            Demikianlah pengantar penulis, sekali lagi atas segala bantuan dari semua pihak, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan harapan mudah-mudahan tesis ini bermanfaat.

 

Pamekasan,                   2012

                                                         Penulis,


DAFTAR  ISI

Sampul   ……………………………………………………………….

Halaman Judul ……………………….……………………………….

Halaman Persetujuan dan  Pengesahan……………………………

Halaman Peruntukan  ………………………………………………..

Abstrak ..………………………………………………………………..

Abstract  ………………………………………………………………..

Kata Pengantar ……………………………………………………….

Daftar Isi………………………………………………………………..

Daftar Tabel ……………………………………………………………

Daftar Gambar  ………………………………………………………..

Daftar  Lampiran     ………………….. ………………………………

 

BAB I. PENDAHULUAN……………………………………………..

1.1..        Latar Belakang Masalah………………………….

1.2..        Rumusan  Masalah  .………………………………

1.3..        Tujuan Penelitian   …………………………………

1.4..         Manfaat Penelitian ...………………………………

 

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA……………………………………….

2.1                        Tinjauan Empirik ….......................................

2.2                           Tinjauan  Teoritik ……………………………

2.2.1         Konsep Persepsi …………………………………

2.2.1.1          Pengertian Persepsi ……………………………

2.2.1.2          Pembentukan Persepsi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi  

2.2.1.3          Prinsip Dasar Persepsi …………………………..

2.2.1.4          Bentuk-Bentuk Persepsi …………………………

2.2.1.5          Jenis-Jenis Persepsi ……………………………

2.2.2         Konsep Dasar Kompetensi Guru ……………….

2.2.2.1      Pengertian Guru…………………………………..

           2.2.2.2      Pengertian Kompetensi ………………………….

2.2.2.3         Pengertian Kompetensi Guru……………………

2.2.2.4      Macam-macam Kompetensi Guru ……………...

2.2.3.        Pengertian Motivasi  ……………...………………

2.2.3.1      Teori Tentang Motivasi …………………………..

2.2.3.2      Macam-macam Motivasi …………………………

2.2.3.3      Fungsi/ Peranan Motivasi dalam Belajar ..……..

2.2.3.4      Upaya dan Strategi Memotivasi Siswa Belajar ..

2.2.3.5      Pengertian Belajar ……………………………….

2.2.4         Pengertian Prestasi Belajar  …………………….

2.2.4.1  Faktor-faktor yang mempengaruhi  Prestasi Belajar   

2.2.4.2.     Konsep dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ………………………………………………

2.2.4.3      Penilaian Prestasi Belajar  Ilmu Pengetahuan Sosial  

2.3            Kerangka Berpikir …………………………………

2.4            Hipotesis …………………………………………...

 

BAB III. METODE PENELITIAN  ……………………….. …………

3.1           Rancangan Penelitian ….………………………

3.2           Populasi dan Sampel ………………………...…

3.3           Teknik Pengumpulan Data  …………………….

3.4           Validitas dan Reliabilitas  ………………………

3.5           Variabel dan Pengukuran  …………………….

3.6           Analisis Data  ……………………………………

 

BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………

4.1           Data Lokasi Penelitian ……...…………………….

4.2           Penyajian Data Hasil Penelitian  ………………..

4.3           Analisis Data  ………………………………………

4.3.1        Hasil Uji Persyaratan Analisis Regresi ………….

4.3.2    Hasil Analisis Regresi ……………………………..       

4.4           Hasil dan Pembahasan ……………...……………

 

BAB V  PENUTUP    ……………..……………………………………

5.1           Kesimpulan………………………………………….

5.2           Saran-saran …………...…………………………...

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

INSTRUMEN SOAL KOMPETENSI GURU & MOTIVASI BELAJAR

 

i

ii

iii

v

vi

viii

x

xii

xv

xvi

xvii

 

1

1

14

15

15

 

17

17

20

20

20

 

23

27

30

31

31

32

36

40

41

70

74

82

85

89

93

112

 

118

 

126

 

151

152

156

 

158

158

159

160

163

168

180

 

188

188

189

193

193

196

211

 

216

216

217

 

219

228


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: