PENGARUH
PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
NEGERI DI GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN
PAMEKASAN
ABSTRAK
Khairul Iksan, 2012. Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang. Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan ; Komisi Pembimbing, Ketua : Prof. Dr. Bambang Swasto, ME. Anggota : Dr. Hadi Sriwiyana, MM.
Kata Kunci : Pengaruh, Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Pendidikan merupakan
usaha untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa.
Karena itu prestasi siswa perlu ditingkatkan untuk mempertinggi daya saing.
Dalam peningkatan mutu pendidikan maupun Prestasi belajar siswa, Guru memiliki
peranan yang sangat penting karena merupakan fasilitator pendidikan dan pengajaran di sekolah sehingga
dapat menentukan keberhasilan siswa. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial materi yang diajarkan kebanyakan mencakup aspek kognitif dan afektif
saja. Sehingga siswa dituntut untuk mampu mengingat bahkan menghafal apa yang
dijelaskan guru ataupun menghafal apa yang ada dalam buku. Oleh karenanya, dibutuhkan
seorang guru yang profesional. Karena proses pembelajaran di dalam kelas adalah
serangkaian pengalaman yang siswa alami, maka siswa akan memaknai pengalaman
ini melalui proses persepsi dan hasil persepsi mempengaruhi aktivitas mental
selanjutnya. Persepsi siswa dalam hal ini adalah persepsi tentang kompetensi
guru sebagai pengajar di kelas. Agar kompetensi yang dimiliki seorang guru
baik, maka seorang guru juga memerlukan peranan siswa untuk memberikan
penilaian, tanggapan dan koreksi kompetensi guru tersebut.
Adapun Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri di Gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial siswa, (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa .
Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di gugus IV Kecamatan Palengaan
Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 150 siswa yang masing-masing kelas di tiap
sekolah berbeda jumlah siswanya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini
berjumlah 45 siswa yang diambil secara acak dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket yang diisi oleh
siswa dan dokumentasi yang didapat dari nilai Ujian Semester gasal tahun
2012/2013.
Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan
bantuan computer program SPSS 18 for windows. Hasil analisis dapat diketahui
bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru (X1) memiliki thitung = -0,886 dan
ttabel = 2,021. Jadi thitung < ttabel atau signifikansi t= 0,381 terhadap
prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Variabel
X2 memiliki thitung = 0,777 dan ttabel = 2,021 Jadi thitung < ttabel atau
signifikansi t= 0,442. Variabel X1 dan X2 mempunyai nilai F hitung 0,551 dengan
F tabel= 3,23. Jadi F hitung < Ftabel atau signifikansi 5%.
Dari hasil tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa 1) tidak ada pengaruh yang signifikan presepsi siswa tentang kompetensi
guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 2) tidak terdapat
pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial, dan 3) tidak ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang
kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial siswa kelas V di gugus IV Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Hasil
yang tidak signifikan dalam penelitian ini kemungkinan besar disebabkan oleh
kesalahan pengambilan sampel dan kesalahan teknik analisis.
Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru hendaknya mempertahankan dan selalu berusaha meningkatkan kompetensinya agar siswa memiliki persepsi yang positif terhadapnya. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal, (2) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap prestasi yang dicapainya dalam pembelajaran tersebut. Karena motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) bagi peneliti yang lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang akan diteliti sehingga bisa mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak.
ABSTRACT
Iksan Khairul, 2012. The Postgraduate (S-2) Program
of Kanjuruhan University in
Malang. Social Science
Education Program. The Influence Perceptions
About Student Teacher
Competency and Learning
Achievement Motivation Against
Social Sciences V
Grade Elementary School in Gugus IV Palengaan District of Pamekasan; Commission Advisor, Chairman:
Prof. Dr. Bambang
Swasto, ME. Members:
Dr. Hadi Sriwiyana,
MM.
Keywords: Effects, Student Perceptions, Teacher Competency, Motivation,
Learning Achievement.
Education is an attempt to prepare the younger generation
as the successor to the ideals of the nation. Because of student achievement
should be improved to enhance competitiveness. In improving the quality of education
and student achievement, teachers have a very important role because it is a
facilitator of education and teaching in the school so it can determine the
success of students. In Social Science subjects taught material that covers
most of the cognitive and affective aspects of the course. So that students are
required to be able to remember even memorize what the teacher described or
memorize what is in the book. Therefore, it takes a professional teacher.
Because of the learning process in the classroom is a series of experiences
that students experience, the students will make sense of this experience
through the process of perception and perceptual outcomes affect subsequent
mental activity. Perceptions of students in this case is the perception of
teacher competence as a teacher in the classroom. In order for a teacher's
competence is good, then a teacher role also requires students to provide
assessment, feedback and correction of teacher competence.
The study was conducted in elementary schools in Gugus IV t Palengaan Distric
of Pamekasan to determine (1) the influence of Student Perceptions to teachers competence
to achievement of Social Sciences, (2) the influence of motivation on learning
achievement of students of Social Sciences, (3) the influence students'
perceptions of teachers competence and motivation for student achievement.
The population in this research were students of class V
in gugus IV Elementary School Palengaan District
of Pamekasan totaling 150 students of
each grade in each school is different student numbers. Samples taken in this research
are 45 students drawn randomly with random sampling technique. The instrument
used in this research was a questionnaire and documentation. Questionnaire
completed by the student and documentation obtained from the result of odd
Semester Examination year 2012/2013.
The data analysis technique used in this research is Multi-Linear
Regression computerized SPSS 18.00 program for windows. The results of the
analysis can be seen that perceptions of the student teacher's competence (X1) has
thitung = -0.886 and ttabel = 2.021. So thitung< ttable or significance t =
0.000 on student achievement fifth grade Social Studies subjects. Variable X2
has thitung = 0.777 and ttabel = 2.021. So thitung< ttable or significance of t = 5%.
Variables X1 and X2 has tcount 0.551 with TTable = 3.23. So thitung< ttable
or significance 5%.
From these results it can be concluded that 1) there was no significant
effect on students' perception of teacher competence on learning achievement of Social Sciences, 2) there is
no significant effect on learning
achievement motivation Social
Sciences, and 3)
no significant effect students'
perceptions of teacher competence
and motivation toward achievement of Social Sciences
of class V in gugus IV Elementary School Palengaan District of Pamekasan. The results
were not significant in this study is most likely due to sampling error
and error analysis
techniques.
Advice can be given are (1) the teacher should always
strive to maintain and improve their competence so that students have a
positive perception of him. Thus, students will be motivated to study Social
Sciences, so that the goal can be achieved with optimal learning, (2) students
are expected to always improve learning motivation as having high motivation to
learn will affect his achievements in learning. Since motivation has a very
important role in improving student achievement, (3) for other researchers who
will conduct similar research is recommended to add a variable to be studied so
that it can reveal more problems and provide results of research findings more
meaningful and more useful for many parties.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis sampaikan ke
hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulisan tesis ini
dapat terselesaikan tepat waktu yang telah direncanakan. Tak lupa pula penulis
mohonkan sholawat dan salam atas Nabi Muhammad SAW atas jasa-jasanya yang telah
memperkenalkan penulis kepada Allah SWT.
Tujuan penulisan tesis
ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang
kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial sekolah dasar negeri di gugus IV kecamatan Palengaan kabupaten
Pamekasan.
Dalam penulisan laporan ini mendapat bantuan dari banyak pihak. Maka dari
itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang
terhormat :
1. Bapak
Rektor Universitas Kanjuruhan.
2. Bapak/Ibu
Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan.
3. Bapak
prof. Dr. H. Bambang Swasto, ME selaku Pembimbing I yang dengan tekun memberikan bimbingan dan
pengarahan kepada penulis, sehingga tesis ini selesai.
4. Bapak
Dr. Hadi Sriwiyana MM selaku pembimbing II yang dengan tekun memberikan
pengarahan tentang teknik penulisan, sehingga penyusunan tesis ini dapat
berjalan dengan lancar.
5. Bapak-bapak
dan ibu-ibu dosen Pasca Sarjana yang telah memberikan kuliah dan dorongan dalam
pembuatan Tesis ini.
6. Bapak
almarhum dan ibu tercinta yang telah memberikan doa restu, bantuan serta
dorongan semangat untuk selalu giat mencari ilmu pengetahuan dan mengamalkannya
kepada penulis
7. Istri
dan anak-anak tercinta, atas dorongan yang kuat, pengorbanan dan doanya,
sehingga tesis ini dapat diselesaikan sesuai jadwal yang direncanakan
8. Teman
senasib seperjuangan yang ikut andil dalam penelitian dan penulisan laporan
penelitian ini.
Atas segala bantuan dari semua pihak
baik moral, material maupun spiritual mudah-mudahan mendapat imbalan yang
setimpal dari Allah SWT.
Dalam laporan ini tentunya tidak
terlepas dari kelemahan, kesalahan dan kekurangan. Untuk itu penulis mohon
adanya saran dan kritik yang bersifat konstruktif agar dapat dijadikan pedoman
dalam penulisan karya tulis yang lain pada periode berikutnya.
Demikianlah pengantar penulis,
sekali lagi atas segala bantuan dari semua pihak, penulis mengucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya dengan harapan mudah-mudahan tesis ini bermanfaat.
Pamekasan, 2012
Penulis,
DAFTAR ISI
Sampul ………………………………………………………………. Halaman
Judul ……………………….………………………………. Halaman
Persetujuan dan Pengesahan…………………………… Halaman
Peruntukan ……………………………………………….. Abstrak
..……………………………………………………………….. Abstract
……………………………………………………………….. Kata
Pengantar ………………………………………………………. Daftar
Isi……………………………………………………………….. Daftar
Tabel …………………………………………………………… Daftar
Gambar ……………………………………………………….. Daftar Lampiran
………………….. ………………………………
BAB
I. PENDAHULUAN…………………………………………….. 1.1.. Latar Belakang Masalah…………………………. 1.2.. Rumusan Masalah
.……………………………… 1.3.. Tujuan Penelitian ………………………………… 1.4.. Manfaat Penelitian ...………………………………
BAB
II. TINJAUAN PUSTAKA………………………………………. 2.1
Tinjauan Empirik
…....................................... 2.2
Tinjauan Teoritik …………………………… 2.2.1 Konsep Persepsi ………………………………… 2.2.1.1
Pengertian Persepsi
…………………………… 2.2.1.2
Pembentukan
Persepsi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi 2.2.1.3
Prinsip Dasar Persepsi ………………………….. 2.2.1.4
Bentuk-Bentuk
Persepsi ………………………… 2.2.1.5
Jenis-Jenis Persepsi …………………………… 2.2.2 Konsep Dasar
Kompetensi Guru ………………. 2.2.2.1 Pengertian Guru………………………………….. 2.2.2.2 Pengertian Kompetensi …………………………. 2.2.2.3
Pengertian
Kompetensi Guru…………………… 2.2.2.4 Macam-macam
Kompetensi Guru ……………... 2.2.3. Pengertian
Motivasi ……………...………………
2.2.3.1
Teori Tentang Motivasi …………………………..
2.2.3.2
Macam-macam Motivasi …………………………
2.2.3.3 Fungsi/ Peranan Motivasi dalam Belajar
..……..
2.2.3.4 Upaya dan Strategi Memotivasi Siswa
Belajar ..
2.2.3.5 Pengertian Belajar ………………………………. 2.2.4 Pengertian
Prestasi Belajar
……………………. 2.2.4.1
Faktor-faktor yang mempengaruhi
Prestasi Belajar 2.2.4.2. Konsep dan Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial ………………………………………………
2.2.4.3 Penilaian Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
2.3 Kerangka
Berpikir
…………………………………
2.4
Hipotesis …………………………………………...
BAB
III. METODE PENELITIAN ……………………….. ………… 3.1 Rancangan Penelitian
….……………………… 3.2 Populasi dan Sampel ………………………...… 3.3 Teknik Pengumpulan Data ……………………. 3.4
Validitas dan
Reliabilitas ……………………… 3.5
Variabel dan
Pengukuran ……………………. 3.6 Analisis Data ……………………………………
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN……………… 4.1 Data Lokasi Penelitian ……...……………………. 4.2 Penyajian Data Hasil Penelitian
……………….. 4.3 Analisis Data
……………………………………… 4.3.1
Hasil Uji Persyaratan Analisis Regresi …………. 4.3.2 Hasil Analisis Regresi …………………………….. 4.4 Hasil dan Pembahasan ……………...……………
BAB
V PENUTUP ……………..…………………………………… 5.1 Kesimpulan…………………………………………. 5.2 Saran-saran …………...…………………………...
LAMPIRAN INSTRUMEN SOAL KOMPETENSI
GURU & MOTIVASI BELAJAR
|
i ii iii v vi viii x xii xv xvi xvii 1 1 14 15 15
17 17 20 20 20
23 27 30 31 31 32 36 40 41 70 74 82 85 89 93 112
118
126
151 152 156
158 158 159 160 163 168 180
188 188 189 193 193 196 211
216 216 217
219 228 |