الأربعون
النووية
كتاب الأربعون
النووية
المؤلف: أبو
زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي (المتوفى: 676هـ)
الأربعون في
مباني الإسلام وقواعد الأحكام
Perkembangan
Software Hadis Web 3.0 hingga 7.0
بسم الله الرحمن الرحيم
مقدمة المؤلف
الحمد لله رب
العالمين قيوم السموات والأرضين. مدبر الخلائق أجمعين. باعث الرسل - صلواته وسلامه
عليهم- إلى المكلفين لهدايتهم وبيان شرائع الدين بالدلائل القطعية، وواضحات
البراهين. أحمده على جميع نعمه. وأسأله المزيد من فضله وكرمه.
وأشهد أن لا إله إلا الله الواحد القهار. الكريم الغفار وأشهد أن سيدنا محمداً
عبده ورسوله وحبيبه وخليله أفضل المخلوقين، المكرم بالقرآن العزيز المعجزة
المستمرة على تعاقب السنين، وبالسنن المستنيرة للمسترشدين المخصوص بجوامع الكلم
وسماحة الدين صلوات الله وسلامه عليه وعلى سائر النبيين والمرسلين وآل كل وسائر
الصالحين. أما بعد: فقد روينا عن علي بن أبي طالب، وعبد الله بن مسعود، ومعاذ بن
جبل، وأبي الدرداء، وابن عمر، وابن عباس، وأنس بن مالك، وأبي هريرة، وأبي سعيد
الخدري رضي الله تعالى عنهم من طرق كثيرات بروايات متنوعات: أن رسول الله صلى الله
عليه وسلم قال: "من حفظ على أمتي أربعين حديثاً من أمر دينها
بعثه الله يوم القيامة في زمرة الفقهاء والعلماء" وفي رواية: "بعثه
الله فقيها عالما". وفي رواية أبي
الدرداء: "وكنت له يوم القيامة شافعا وشهيدا". وفي رواية ابن مسعود: قيل
له: "ادخل من أي أبوب الجنة شئت" وفي رواية ابن عمر "كُتِب في زمرة
العلماء وحشر في زمرة الشهداء". واتفق الحفاظ على أنه حديث ضعيف وإن كثرت
طرقه.
وقد صنّف العلماء رضي الله تعالى عنهم في هذا الباب ما لا
يُحصى من المصنّفات. فأول من علمته صنف فيه: عبد الله بن المبارك، ثم محمد بن أسلم
الطوسي العالم الرباني، ثم الحسن بن سفيان النسائي، وأبو بكر
الآجري، وأبو بكر بن إبراهيم الأصفهاني، والدارقطني، والحاكم، وأبو نعيم، وأبو
عبد الرحمن السلميّ، وأبو سعيد الماليني، وأبو عثمان الصابوني، وعبد الله بن محمد
الأنصاري. وأبو بكر البيهقي، وخلائق لا يحصون من المتقدمين والمتأخرين، وقد استخرت
الله تعالى في جمع أربعين حديثاً اقتداء بهؤلاء الأئمة الأعلام وحفاظ الإسلام.
وقد اتفق العلماء على جواز العمل بالحديث الضعيف
في فضائل الأعمال.ومع هذا فليس اعتمادي على هذا الحديث، بل على قوله
صلى الله عليه وسلم في الأحاديث الصحيحة: "ليبلغ الشاهد منكم
الغائب" وقوله صلى الله عليه وسلم: "نضر الله
امرأً سمع مقالتي فوعاها فأدّاها كما سمعها". ثم من العلماء
من جمع الأربعين في أصول الدين، وبعضهم في الفروع، وبعضهم في الجهاد، وبعضهم في
الزهد، وبعضهم في الآداب، وبعضهم في الخطب، وكلها مقاصة صالحة
رضي الله تعالى عن قاصديها. قد رأيت جمع أربعين
أهم من هذا كله، وهي أربعون حديثاً مشتملة على جميع ذلك، وكل حديث منها قاعدة
عظيمة من قواعد الدين قد وصفه العلماء بأن مدار الإسلام عليه، أو هو نصف الإسلام
أو ثلثه أو نحو ذلك. ثم ألتزم في هذه
الأربعين أن تكون صحيحة، ومعظمها في صحيحي البخاري ومسلم، وأذكرها محذوفة
الأسانيد، ليسهل حفظها، ويعم الانتفاع بها إن شاء الله تعالى، ثم أُتبعها بباب في
ضبط خفي ألفاظها. وينبغي لكل راغب في الآخرة أن يعرف هذه الأحاديث، لما اشتملت
عليه من المهمات، واحتوت عليه من التنبيه على جميع الطاعات وذلك ظاهر لمن تدبّره،
وعلى الله اعتمادي، وإليه تفويضي واستنادي وله الحمد والنعمة، وبه التوفيق
والعصمة.
الحديث الأول
«عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه قال:
سمعت رسول الله صلى الله تعالى عليه وعلى آله وسلم يقول: إنما الأعمال بالنيات،
وإنما لكل امرئ ما نوى، فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله،
ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه» .رواه
إماما المحدثين: أبو عبد الله محمد ابن
إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبه البخاري، وأبو الحسين مسلم ابن الحجاج بن
مسلم القشيري النيسابوري: في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة.
Dari Amirul Mu’minin, (Abu Hafsh atau Umar bin Khottob
rodiyallohu’anhu) dia berkata: ”Aku
pernah mendengar Rosululloh shollallohu’alaihi wassalam bersabda: ’Sesungguhnya
seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan
sesuai niatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang berhijrah karena Alloh dan
Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rosul-Nya. Dan barangsiapa yang
berhijrah karena (untuk mendapatkan) dunia atau karena wanita yang ingin
dinikahinya maka hijrahnya itu kepada apa yang menjadi tujuannya (niatnya).’”
(Diriwayatkan oleh dua imam ahli hadits; Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin
Ibrohim bin Mughiroh bin Bardizbah Al-Bukhori dan Abul Husain Muslim bin
Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusairy An-Naisabury di dalam kedua kitab mereka yang
merupakan kitab paling shahih diantara kitab-kitab hadits)[1]
Kedudukan Hadits
Materi hadits pertama ini merupakan pokok agama. Imam
Ahmad rahimahullah berkata: “Ada Tiga hadits yang merupakan poros agama, yaitu
hadits Úmar, hadits Aísyah, dan hadits Nu’man bin Basyir.” Perkataan Imam Ahmad
rahimahullah tersebut dapat dijelaskan bahwa perbuatan seorang mukallaf
bertumpu pada melaksanakan perintah dan menjauhi larangan. Inilah halal dan
haram. Dan diantara halal dan haram tersebut ada yang mustabihat (hadits Nu’man
bin Basyir). Untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan dibutuhkan niat
yang benar (hadits Úmar), dan harus sesuai dengan tuntunan syariát (hadits
Aísyah).
Setiap Amal Tergantung Niatnya
Diterima atau tidaknya dan sah atau tidaknya suatu
amal tergantung pada niatnya. Demikian juga setiap orang berhak mendapatkan
balasan sesuai dengan niatnya dalam beramal. Dan yang dimaksud dengan amal
disini adalah semua yang berasal dari seorang hamba baik berupa perkataan,
perbuatan maupun keyakinan hati.
Fungsi Niat
Niat memiliki 2 fungsi:
1. Jika niat berkaitan
dengan sasaran suatu amal (ma’bud), maka niat tersebut berfungsi untuk
membedakan antara amal ibadah dengan amal kebiasaan.
2.
Jika niat berkaitan dengan amal itu sendiri (ibadah),
maka niat tersebut berfungsi untuk membedakan antara satu amal ibadah dengan
amal ibadah yang lainnya.
Pengaruh Niat yang Salah Terhadap Amal Ibadah
Jika para ulama
berbicara tentang niat, maka mencakup 2 hal:
1. Niat sebagai syarat sahnya ibadah, yaitu istilah
niat yang dipakai oleh fuqoha’.
2. Niat sebagai syarat diterimanya ibadah, dengan
istilah lain: Ikhlas.
Niat pada pengertian yang ke-2 ini, jika niat tersebut
salah (tidak Ikhlas) maka akan berpengaruh terhadap diterimanya suatu amal,
dengan perincian sebagai berikut:
a. Jika niatnya salah sejak awal, maka ibadah tersebut
batal.
b. Jika kesalahan niat terjadi di tengah-tengah amal,
maka ada 2 keadaan:
ü Jika ia menghapus
niat yang awal maka seluruh amalnya batal.
ü Jika ia memperbagus
amalnya dengan tidak menghapus niat yang awal, maka amal tambahannya batal.
c. Senang untuk dipuji setelah amal selesai, maka
tidak membatalkan amal.
Beribadah dengan Tujuan Dunia
Pada dasarnya amal ibadah hanya diniatkan untuk meraih
kenikmatan akhirat. Namun terkadang diperbolehkan beramal dengan niat untuk
tujuan dunia disamping berniat untuk tujuan akhirat, dengan syarat apabila
syariát menyebutkan adanya pahala dunia bagi amalan tersebut. Amal yang tidak
tercampur niat untuk mendapatkan dunia memiliki pahala yang lebih sempurna
dibandingkan dengan amal yang disertai niat duniawi.
Hijrah
Makna hijrah secara syariát adalah meninggalkan sesuatu demi Allah dan
Rasul-Nya. Demi Allah artinya mencari sesuatu yang ada disisi-Nya, dan demi
Rasul-Nya artinya ittiba’ dan senang terhadap tuntunan Rasul-Nya.
Bentuk-bentuk Hijrah:
1.
Meninggalkan negeri syirik menuju negeri tauhid.
2.
meninggalkan negeri bidáh menuju negeri sunnah.
3.
Meninggalkan negeri penuh maksiat menuju negeri yang
sedikit kemaksiatan.
Ketiga bentuk hijrah tersebut adalah pengaruh dari
makna hijrah.
Sumber
: Hadits Web V. 7.0
تخريج و شروح الأربعين
النووية
1) شرح الأربعين النووية لابن دقيق
العيد (ت ٧٠٢هـ)
2) الفتح المبين بشرح الأربعين
لابن حجر الهيتمي (ت ٩٧٤ هـ)
3) شرح الأربعين النووية . محمد
صالح المنجد
4) شرح الأربعين النووية | صالح
العصيمي
5) شرح الأربعين النووية. > الكتب > كتب الشيخ (عبد المحسن بن محمد
القاسم
6) شرح الأربعين النووية للعثيمين
(ت ١٤٢١هـ)
7) جامع العلوم والحكم (٧٣٦ - ٧٩٥ هـ)
8) شرح الأربعين النووية - العباد
9)
شرح الأربعين النووية عبد السلام بن محمد الشويعر
10) شرح الأربعين النووية عبدالهادی عبد
الخالق مدنی
11) شرح الأربعين النووية أحمد بن محمد الصقعوب
12) شرح الأربعين النووية عطية محمد سالم
13) شرح الأربعين النووية كاتب غير محدد
14) شرح الأربعين النووية معاذ محمد شحتة الراوي
15) شرح الأربعين النووية هاشم محمد الشحات الشرقاوي
16) شرح الأربعين النووية صالح بن عبد العزيز آل الشيخ
17) شرح الأربعين النووية عبدالرحمن بن صالح الدهش
18) شرح الأربعين النووية الشيخ عبدالله الجبرين
19) شرح الأربعين النووية كاتب غير محدد
20) شرح الأربعين النووية عيسى بن عواض العضياني
21) شرح الأربعين النووية أحمد
السيد
22)
شرح الأربعين النووية الشيخ أبي
مصعب سيد بن خيثمة
23)
شرح الأربعين النووية لتقي
الدين الهلالي
24) شرح الأربعين النووية الزامل
25) شرح الأربعين النووية الشروح
الراضية
26) شرح الأربعين النووية فتح القوي المتين
27) شرح الأربعين النووية التحفة الربانية
28) شرح الأربعين النووية لعطية بن محمد
29) شرح الأربعين النووية التعيين
30) شرح الأربعين النووية المعين على تفهم الأربعين لابن الملقن
31) شرح الأربعين النووية سبيل المهتدين
32) شرح الأربعين النووية زادالتقويم-شرح الأربعين النووية للعثيمين
33)
شرح الأربعين النووية مختصر
النبرواي على الأربعين النووية
34) شرح الأربعين النووية الجواهر الؤلؤية
35) الجامع في شرح الأربعين النووية
36) المنهج المبين في شرح الأربعين لتاج الدين عمر بن علي أبو حفص
37) الفضل المبين شرح الأربعين
العجلونية للقاسمي
38) تحقيق الأربعين النووية لمحمد
بن جاويد