HIDUP ADALAH UJIAN

SELAMAT DATANG DI BLOG " KHAIRUL IKSAN "- Phone : +6281359198799- e-mail : khairul.iksan123@gmail.com

Minggu, 06 Juni 2010

Dampak Program Akselerasi Terhadap Aspek Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa Berbakat Akademik


A. Anak Berbakat Akademik
Siswa berbakat akademik digolongkan sebagai berikut:
1. Siswa memiliki intelegensi superior (IQ=130 ke atas)
2. Prestasi akademik jauh di atas rata-rata kelas. Selalu menjadi juara kelas dan memperlihatkan
kecerdasan luar biasa dalam ilmu-ilmu tertentu
Ciri anak berbakat:
1. Anak berbakat itu terlalu cepat dewasa (precocious). Mereka menguasai pelajaran lebih dahulu
dan lebih cepat daripada teman-temannya
2. Anak berbakat akan maju sesuai dengan iramanya sendiri, melakukan pertemuan-pertemuan
sendiri dan dapat mencari penyelesaian suatu permasalahan secara naluriah tanpa melalui
sederetan langkah-langkah pemikiran yang linear.
3. Anak berbakat didorong oleh keinginan yang sangat kuat dalam bidang atau dominan di mana
mereka mempunyai kemampuan yang tinggi seperti matematika. Anak berbakat adalah anak yang
secara global menguasai mata pelajaran dan bahkan berhasil menyelesaikan pendidikan di
Perguruan Tinggi pada Usia yang sangat muda.

B. Dampak Keberbakatan Dalam Kehidupan Sosial dan Emosional Anak.
Berbeda dengan anggapan dahulu, ternyata anak-anak berbakat juga lebih rentan terhadap faktorfaktor
sosial dan emosional.
Anak berbakat adalah anak yang bahagia, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan tidak
membutuhkan perhatian khusus. Hal ini menumbuhkan mitos bahwa anak berbakat mudah
menyesuaikan diri dan mudah diajar tetap bertahan, menurut Mihali bahwa anak-anak dengan
kemampuan tinggi yang luar biasa di sembarang domain, tidak hanya secara akademis, tetapi juga di
bidang seni rupa, musik, bahkan atlektik, secara sosial tidak padu, dan sebagainya.
Anak-anak ini cenderung “ngotot”, berpikir bebas, dan introver. Mereka lebih banyak menyediri dan
meskipun memperoleh energi dan kesenangan dari kehidupan mental yang menyendiri itu, mereka
juga mengungkapkan bahwa mereka merasa kesepian.
Sekitar 20-25 % dari anak-anak yang sangat berbakat mengalami masalah-masalah sosial dan
emosional, yaitu dua kali lebih besar dri nagka normal.

C. Dampak Akselerasi pada Anak Berbakat Akademik
Anak dengan kemampuan dan kecerdasan luar biasa, merupakan suatu keinginan yang realistik
karena kebutuhan pelayanan pendidikan anak yang berbakat yaitu dibentuk layanan istimewa yang
berbeda dari sekolah yang umum, diberikan pengayaan akselerasi dalam bentuk menempatkan anak
pada kelas yang lebih tinggi sesuai dengan tingkat keberhasilan anak.
Memberikan pelayanan kepada anak berbakat yang secara sosial terisolasi dan bosan bersekolah
bukanlah hal yang mudah.
Hal yang perlu diperhatikan dalam pendidikan akselerasi bagi anak berbakat akademik adalah
memenuhi kebutuhan akan tugas-tugas yang penuh tantangan dalam bidang keberbakatan dan
adanya persahabatan diantara teman sejawat yang memiliki kemampuan yang sama. Kita bukan hanya
memerlukan anak bangsa yang panai, melainkan juga anak bangsa yang seimbang dalam kehidupan
emosi dan sosial.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: